parpol

parpol

garansi

Menang Pemilu Tidak Harus Mahal...Kuncinya: Kenali diri, kenali lawan maka kemenangan sudah pasti di tangan,..Kenali medan pertempuran,kenali iklim maka kemenangan jadi sempurna...Garansi:Menang Bayar, kalah Tidak Usah Bayar....

Survei Politik



SURVEI PEMETAAN POLITIK

I.                    PENGERTIAN
  1. Survei Pemetaan Politik sering disebut juga Survei Perilaku Pemilih atau survei pra-pemilu atau survei popularitas politik. Namun survei pemetaan politik lebih didesain untuk memenuhi informasi yg dibutuhkan oleh kandidat dan tim suksesnya.
  2. Survei Pemetaan Politikadalah kegiatan pengumpulan pendapat atau persepsi masyarakat terhadap berbagai hal menyangkut seorang tokoh atau kandidat walikota dengan cara mewawancarai sejumlah masyarakat.
  3. Survei ini bertujuan untuk membuat PETA POLITIK. Secara umum, survei ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan (kans) seorang kandidat dapat meraih kemenangan dibanding dengan kandidat lain

II.                  FUNGSI /KEGUNAAN
q   Posisi Tawar
Hasil survei ini dapat dijadikan alat bukti ilmiah yang menyakinkan/sangat kuat bagi kandidat agar parpol dan organisasi politik lainya mendukungnya.
q   Memilih Pasangan Yang Paling Tepat
Hasil survei ini dapat digunakan untuk menentukan siapa orang yang paling tepat secara taktis dan strategis untuk dijadikan pendamping
q   Efisien Dana Kampanye
Dengan melihat hasil survei ini, kandidat dapat menentukan skala prioritas kampanye sehingga dana yanga ada tidak dihabiskan untuk hal-hal yang tidak produktif
q   Efektivitas Kampanye
Hasil survei ini juga dapat digunakan untuk menentukan berbagai bentuk kampanye mana yang paling efektif menarik pemilih.

III.                CARA/METODE
       Metode yang digunakan adalah Multistage Random Sampling (metode acak berjenjang). Metode ini adalah metode survei yang sudah biasa digunakan oleh lembaga-lembaga survei diseluruh dunia.
       Wawancara dilakukan dengan tatap muka langsung dengan responden (orang yang diwawancarai)
       Sampel akan disebarkan berdasarkan proporsi jenis kelamin, dan jumlah penduduk(pemilih) per wilayah kecamatan.
       Validitas data akan dikontrol melalui manajemen cross check.

IV.                BIAYA & JUMLAH RESPONDEN
Biaya survei tergantung dari berapa banyak responden yang akan diwawancarai. Semakin banyak tentunya akan semakin baik. Namun jumlah responden yang terlalu banyak juga mubazir dan akan membuat biaya survei jadi membesar.  Berikut kami paparkan biaya dan jumlah responden.
No
Pilkada
Responden
Biaya
1
Kabupaten
500 sd 750 orang
-
2
Kota
450 sd 600 orang
-
3
Propinsi
850 sd 1250 orang
-

V.                  Output
1.       Laporan tentang Tingkat Popularitas dari klien dan tokoh-tokoh yang diukur dalam survei ini.
2.       Laporan tentang Tingkat Elektabilitas dari klien dan tokoh-tokoh yang diukur dalam survei ini.
3.       Laporan tentang Tingkat Popularitas dan Elektabilitas klien dan tokoh-tokoh yang diukur dalam survei ini berdasarkan wilayah kecamatan.
4.        Laporan tentang Tingkat Popularitas dan Elektabilitas klien dan tokoh-tokoh yang diukur dalam survei ini berdasarkan suku bangsa.
5.       Laporan tentang Tingkat Popularitas dan Elektabilitas klien dan tokoh-tokoh yang diukur dalam survei ini berdasarkan agama, pendidikan, ekonomi dan umur
6.       Laporan tentang alasan dan berbagai pertimbangan yang digunakan oleh masyarakat dalam menentukan pilihan politik.
7.       Laporan tentang persepsi masyarakat terhadap permasalah sosial dan politik yang ada.
8.       Laporan tentang media komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat